Pantai Tajung Bira tempat melihat terbit dan terbenamnya matahari

Gambar 1.  Pemandangan Pantai Tanjung Bira dilihat dari salah satu sudut
Sulawesi selatan terkenal karena banyaknya pantai yang indah, salah satunya adalah pantai yang terletak di ujung selatan Pulau sulawesi ini yang bernama pantai Tanjung Bira. Pada setiap hari libur terlihat sangat padat pengunjungnya.
Kenapa terkenal

Pantai ini memiliki hamparan pasir putih, sangat cocok untuk berjemur. Airnya jernih mengundang selera untuk berenang. Lautnya memiliki  lapisan warna yang sangat indah bila dilihat dari kejauhan.  Pemandangan bawah lautnya cukup menawan, beberapa spot untuk diving maupun snorkeling berada di Pulau Kambing dan Pulau Liukang.  Kelebihan lainnya yang tidak dimiliki oleh pantai lainnya adalah dapat melihat sunrise dan sunset disatu tempat. Beberapa sarana dan prasarana sudah teredia seperti hotel, restoran/rumah makan, penyewaan perahu, alat diving dan snorkling.
Gambar 2.  Menikmati Pemandangan Pantai Tanjung Bira dari salah satu restoran yang terdapat di sana
Pantai Tanjung Bira yang terletak di Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan. Kalau berada di Kota bulukumba, berjalan kearah timur  sekitar 41 km. Berjarak sekitar 200 kilometer dari kota Makassar, ditempuh perjalanan 5 -6 jam menggunakan mobil sewaan yang berangkat dari terminal mallengkeri yang terletak dibagian selatan kota  makassar.
Gambar 3. Snorkling di salah satu spot pulau Liukang



Komentar